Pentingnya Leadership untuk pengembangan Skill Mahasiswa FUPI. - DEMA Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga

Breaking

Random Posts

BANNER 728X90

Rabu, 11 September 2019

Pentingnya Leadership untuk pengembangan Skill Mahasiswa FUPI.

Yogyakarta--Senat Mahasiswa dan Dewan Eksekutif mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUPI) berkesempatan untuk mengisi Acara Leadership skill Training yang diinisiasi oleh Panitia PBAK FUPI 2019 yang dilaksanakan di Pantai Cemara Sewu, Sabtu (31/8).
Dalam kesempatan tersebut, Panitia mengangkat Tema "Leader In action not position, no title Needed to be one". Agar para mahasiswa Baru FUPI juga termotivasi untuk aktif dalam kegiatan kampus yang berkaitan dengan Organisasi, baik Intra, ekstra dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kampus di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mampu memahami pentingnya Leadership itu yang memungkinkan nanti menambah skill mahasiswa untuk lebih produktif dan Progresif, agar tidak hanya menjadi mahasiswa Kupu-kupu (kuliah pulang).
Ketua Senat Mahasiswa FUPI, Ferdiansah, dalam kesempatan tersebut menyampaikan tentang Materi Leadership bahwa sebagai mahasiswa kita kedepan harus mampu meningkatkan skill kita di luar Kuliah. Kita harus memahami pola Organisasi dan bagaimana berperan dalam suatu organisasi. Saking pentingnya Leadership, dalam islam banyak sekali Konsep kepemimpinan, misalnya Amir, Majlis Syuro dan lain sebagainya. Sehingga Kita sebagai mahasiswa harus bisa menjadikan Kesempatan sebagai mahasiswa ini untuk meningkatkan kualitas diri, setidaknya kita bisa memimpin diri kita sendiri.
"Dalam Organisasi misalnya nanti kita akan diajarkan untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan mampu memanajemen suatu organisasi atau program kegiatan, untuk itu jangan sia-siakan waktu kalian untuk berproses di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Setiap dari kita adalah Khalifah di muka bumi, sehingga kita harus belajar dan terus belajar untuk meningkatkan Kualitas diri, karena hanya orang yang berkualitas dan mempunyai inovasi dan skill yang mampu survive di Era Revolusi industri 4.0, ungkapnya".
Ketua Dewan Eksekutif mahasiswa, Misbahul Wani, mengatakan bahwa mahasiswa harus mempunya pemikiran yang positif dan progresif, yang setidaknya dibagi dalam 4 hal. Pertama, Design thinking, adalah kemampuan kita memiliki sebuah konsep atau cara berfikir sebagai modal berinteraksi. Kedua, Personal branding, mahasiswa harus berusaha mengetahui potensi diri dan mampu mempromisikan kepada lingkungan sekitar, sehingga kita saling memiliki rasa kepedulian dan saling memiliki peluang dan dampak atau pengaruh (Influencer). Ketiga, Critical thingking, mahasiswa harus memiliki rasa kepekaan terhadap fenomena sosial yang berkembang serta memiliki sikap sebagai person dan komunal. Terakhir, Digital Literacy, mahasiswa di era post truth harus ikut serta aktif menjadi influencer yang memberikan vaksin untuk menjaga keseimbangan di media sosial, seperti hoax, hate speech, dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar